WEB DESAINT

Membuat Aplikasi di Facebook 1

Kita bisa membuat aplikasi sendiri di Facebook. Yang kita butuhkan adalah account Facebook dan sebuah server/hosting yang memenuhi syarat untuk sebuah aplikasi Facebook.
Langkah-langkahnya bisa dilihat di : developers.facebook.com/get_started.php
Setelah login di Facebook, pergilah ke Facebook Developer App. Setelah itu buatlah sebuah aplikasi baru dengan memilih menu Set Up New Application. Isi beberapa isian dasarnya. Tidak usah terlalu bingung, isi saja bagian yang bisa Anda isi. Setelah memilih Submit, kita akan mendapatkan API key dan Secret Key. Simpan kedua key ini.

Isian yang harus diisi adalah canvas page URL dan callback URL. Canvas page URL adalah url di facebook yang akan kita miliki sebagai url aplikasi kita. Untuk aplikasi saya misalnya, saya memilih
http://apps.facebook.com/faris-apps-aa/ sebagai canvas page URL. Callback URL adalah tempat yang sesungguhnya file utama aplikasi kita berada. Misalnya saja di http://%5Bnama-url-anda%5D/index.php. Sebelumnya, Anda harus mendownload file facebook-platform.tar.gz dari svn.facebook.com/svnroot/platform/clients/packages/facebook-platform.tar.gz. Upload file tersebut dengan mode extract-after-upload ke server Anda, sehingga setelah di upload file facebook-platform.tar.gz akan secara otomatis di extract. Jika server Anda tidak memiliki mode ini, gunakan FTP Uploader atau software sejenis lainnya, atau upload secara manual..
Kembalilah ke halaman home aplikasi Anda, lalu lihat di bagian Sample Code dan klik example code. Copy example code tersebut dan simpan ke dalam file index.php yang ada di server Anda. File index.php membutuhkan file facebook.php pada saat pertama kalinya. Pada example code dapat dilihat di : require_once ‘facebook.php’;. Jika ada error, coba simpan file index.php pada direktori yang sama dengan file facebook.php (facebook-platform/php/facebook.php). Selanjutnya kita tinggal submit aplikasi yang baru saja kita buat.. Edit code yang ada di index.php sesuai dengan apa yang Anda inginkan..
Ini adalah screenshot saat saya mencoba aplikasi saya..

Saya merubah sedikit example code sebelumnya, sehingga tampilannya kini menjadi :

Selamat membuat aplikasi baru di Facebook!

seemore :http://farisfar.wordpress.com/2009/03/23/membuat-aplikasi-di-facebook/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda di Modernisasi, Sampaikan dengan Cara Sopan dan Singkat.Terimakasih.